Kamis, 08 April 2010

Mengubah Diri, Mengubah Dunia

Tulisan di batu nisan Westminster Abbey,arsitek istana kerajaan Inggris:

Ketika Aku masih muda dan bebas berkhayal, aku bermimpi ingin mengubah dunia.
Lalu seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku, kudapati bahwa dunia tak kunjung berubah, maka cita-cita itu pun agak kupersempit, lalu kuputuskan hanya untuk mengubah negeriku. Namun, tampaknya hasrat itupun tiada hasilnya.
... See More
Ketika usiaku semakin senja, dengan semangatku yang masih tersisa, kuputuskan untuk mengubah keluargaku, orang-orang yang paling dekat denganku. Tetapi celakanya mereka pun tidak mau diubah.

Dan, kini, sementara aku terbaring saat ajal menjelang, tiba-tiba kusadari : "Andai saja yang pertama-tama kuubah adalah diriku sendiri, maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan, mungkin aku bisa mengubah keluargaku. Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka bisa jadi aku pun mampu memperbaiki negeriku, kemudian siapa tahu aku bahkan bisa mengubah dunia."

1 komentar:

NANA SURYANA mengatakan...

Ohhhh... ternyata gitu ya yang aslinya. Maklum lupa2 ingat!